Pendidikan Berbasis Karakter [1]
Selasa, 16 Juli 2013 Posted by Unknown

Realisasi pendidikan karkter juga harus ditopang oleh tiga pilar utama lembaga pendidikan yaitu
1.      Rumah tangga
pendidikan di rumah tangga dilakukan oleh orang tua dan keluarga terdekat lainnya dengan dasar tanggung jawab moral keagamaan yakni dengan menganggap bahwa anak sebagai titipan dan amanah tuhan yang harus di pertanggung jawabkan. Namun dalam kenyataannya tidak semua orang tua memiliki wawasan, pengalaman, keahlian dan pemahaman tentang paedagogi, sehingga peran-peran yang harus di mainkan orang tua dalam mendidik karakter putra putrinya tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.
2.      Sekolah
Bertolak dari berbagai kekurangan yang dimiliki orang tua dirumah maka pendidikan karakter selanjutnya diserahkan kepada sekolah dengan pertimbangan selain karena merupakan institusiyang di bangun atas tugas utamanya mendidik karakter bangsa juga sekolah terdapat infrastruktur sarana dan prasarana, SDM, manajement dan sistem yang lain yang berkaitan dengan urusan pendidikan. Namun karena tidak semua sekolah mempunyai visi, misi, tujuan dan komitmen yang jelas tentang pendidikan karakter, serta lemahnya dalam menerapkan metodologi dan pendekatan, menyebabkan pendidikan karakter disekolah tidak dapat berjalan dengan lancar.
3.      Masyarakat (negara)
Selanjutnya karena rumah tangga dan sekolah sebagai pilar-pilar utama bagi pendidikan karakter tersebut kurang efektif lagi bahkan sudah hancur maka pemerintah dan masyarakat juga harus bertanggung jawab terhadap pendidikan karakter. Melalui tanggung jawab, otoritas, dana, fasilitas, SDM, dan sistem yang dimilikinya.





3.      Penutup
a.      Kesimpulan
Dari uraian di atas tadi dapat penulis simpulkan bahwa pendidikan anak usia dini dalam persepektif Islam yaitu usaha membantu anak agar fitrah yang disebut dengan kecakapan/ability baik fisik maupun non fisik itu dapat dibantu perkembangannya sejak dini dapat berkembang secara maksimal sesuai dengan ketentuan dalam shari’at Islam.
Tujuan pendidikan Islam yaitu membentuk anak yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, beramal shaleh dan juga menjadikan anak tersebut berilmu pengetahuan dan berteknologi, berketerampilan dan berpengalaman sehingga ia menjadi orang yang mandiri berguna bagi dirinya, agama, orang tua serta negaranya.
Pendidikan karakter yaitu pendidikan yang menanamkan nilai-nilai luhur pada diri peserta didik. Pendidikaan karakter terkait dengan tiga matra pendidikan yaitu, pendidikan individual, pendidikan sosial dan pendidikan moral.
b.      Saran
Sejalan dengan paradigma pendidikan yang semakin maju maka sebagai generasi penerus kita harus bisa untuk menjawab tantangan yang ada di depan mata. Untuk itu kami sebagai pemakalah memberikan sedikit sumber atau bahan bacaan bagi pembaca sebagai pedoman dalam menjalankan pendidikan dan kami berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan kita bersama.

Unknown

Thanks for your visit..!

0 komentar for "Pendidikan Berbasis Karakter [1]"

Leave a reply